cara tradisional mencegah rambut rontok

09.08.00 Retno Kusumawardani 8 Comments

bahan tradisional cegah rambut rontok. jeruk nipis, kemiri, lidah buaya, bawang merah


Kerontokan rambut adalah permasalahan yang dihadapi oleh hampir setiap orang. Perlu diketahui juga apabila rambut yang rontok dalam sehari tidak lebih dari 70 helai, masih dianggap wajar.

 Ada berbagai macam penyebab kerontokan rambut, seperti stress berkepanjangan, kurangnya nutrisi yang diserap oleh tubuh dankerontokan  setelah melahirkan.

Berikut beberapa ramuan tradisional pencegah kerontokan rambut yang saya rangkum dari berbagai sumber :

·        Bahan : jeruk nipis dan kuning telur ayam kampung
Ambil beberapa buah jeruk nipis.  Tekan-tekan dilantai sambil digelindingkan agar air jeruk nipis bisa keluar secara maksimal. Belah jeruk nipis, kemudian gosokkan pada kulit kepala hingga rata. Setelah agak kering, oleskan kuning telur ayam kampong pada kulit kepala hingga merata. Kemudian bungkuslah kepala dengan menggunakan handuk. Lakukan sampai semalam. Baru keesokan paginya rambut dikeramas seperti biasa. Lakukan tiga kali seminggu.

·        Bahan : kemiri
Tumbuk sampai halus beberapa buah kemiri. Rebus di dalam panci dengan air secukupnya sampai kemiri tersebut keluar minyaknya. Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dua kali seminggu.

·        Bahan : daun lidah buaya
Belah daun lidah buaya dan ambil lendirnya. Oleskan hingga rata pada kulit kepala. Kemudian bungkus kepala dengan handuk dan biarkan semalaman. Esok harinya baru dikeramasi seperti biasa. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

·        Bahan : bawang merah, air matang
Tumbuk 4 butir bawang merah sampai halus, tambahkan air matang secukupnya. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan sampai 15 menit. Kemudian keramas seperti biasa. Untuk memperoleh hasilnya ulangilah treatment ini beberapa kali.


Bahan-bahan tradisional seperti yang telah saya sebutkan di atas memang sudah digunakan oleh merk perawatan rambut terkemuka untuk menjadi bahan dasar produk mereka. Tapi bagaimanapun juga, untuk menjadi produk yang instan dan tahan lama, bahan alami tersebut melalui proses yang panjang dan diberi tambahan zat-zat lain agar lebih awet.  Menggunakan bahan alami, selain bahan lebih segar khasiatnya juga lebih terjaga. Kekurangannya tentu saja lebih repot alias tidak praktis. Tinggal kita pilih yang mana J

You Might Also Like

8 komentar:

  1. Itu yang pakai kuning telur kebayang amisnya. Aku pilih cara lain aja. Hehe

    BalasHapus
  2. Manfaat banget bu ...ini rambutku rontok e es gk wajar blas lbih dr 70 helai sehari

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak mbak, artikel ini pas banget buat saya yang mempunyai permasalahan seperti ini.
    Cara 2-4 gak work buat saya, saya mau coba cara pertamnya, amis, amis dah rambut, yang penting sehat Y_Y.

    Salam
    Mugianto

    BalasHapus
  4. Dulu kakak gw suka nya pake kemiri ama santan kelapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh kemirinya bikin rambut item...santannya bikin rambut berkilau..

      Hapus