solusi tempe : Mendhol

20.15.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

solusi tempe : Mendhol
Mendhol tempe

Bukan hanya share resep ternyata tulisan saya di blog tercinta ini  juga memberikan solusi loh… (ahayy). Beneran ini… gak ngaku-ngaku, buktinya ada kok.  

Berikut ini solusi dari saya :

Kalau anda bangun kesiangan, sementara anak dan suami butuh sarapan. Buatkan saja Pancake atau Lekker. Dijamin bahannya gampang dan bikinnya cepat.

Bila anda ingin cake tapi malas mengeluarkan mikser dan oven, coba aja cake yang bikinnya tinggal blender, aduk lalu kukus seperti cake wortel dan cake pisang yang lembut.

Pingin ngeroti tapi ogah nguleni? Gampang, ada roti lembut tanpa ulen yang bisa dilihat di sini. Ingin brownies yang ANTI RIBET, atau bikin cake coklat yang nyoklat seperti brownies tapi ga pakai telur, lihat saja EGGLESS VANILA LATE..

Nah bukan itu saja, saya juga memberikan solusi untuk anda yang belanja tempe tapi lupa atau tidak sempat memasaknya sampai tempenya menginap. 

Jangan khawatir, tempe anda bisa dimasak menjadi masakan yang lezat seperti SAMBAL TUMPANG dan mendhol. Resep sambal tumpang saya istimewa lho. Berbeda dengan yang ada di buku resep kebanyakan. 

Mendhol? Pernahkah anda mendengar kata mendhol? Lauk yang terbuat dari tempe yang sudah menginap (semangit). Kalau saya tidak salah, mendhol adalah makanan khas dari Malang.

Sekarang sudah banyak orang berjualan mendhol dalam bungkus plastic. Mendholi yang dijual itu berbeda dengan mendhol yang sudah saya kenal sejak masih kecil. Mendhol yang dijual biasanya terbuat dari tempe yang masih baru, dan teksturnya kering, sehingga kalau dimakan kriuk-kriuk.

Sedangkan mendhol yang sudah saya kenal sejak dulu adalah mendhol yang terbuat dari tempe semangit (tempe kemarin). Sehingga mendholnya beraroma dan bercitarasa khas.

Baiklah langsung ke resep saja ya…

Mendhol
Bahan:
200 gr tempe semangit
3 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 cm kencur
1 buah cabai merah besar
1 atau dua lembar daun jeruk, buang seratnya
½ sdt garam / sesuai selera
Sedikit gula pasir
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Haluskan semua bumbu. Hancurkan juga tempe, tidak usah sampai halus. Cukup sampai butiran kedelainya terpisah saja. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan tempe. Koreksi rasanya.

solusi tempe : Mendhol
Adonan mendhol

Bentuk mendol dengan cara mengepal-ngepalnya kemudian agak dipipihkan. Lakukan sampai semua adonan habis. Diamkan sebentar agar menyatu.
solusi tempe : Mendhol
Adonan mendhol yang sudah dibentuk

 Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan (tapi jangan terlalu panas, agar tidak cepat gosong). 

Gunakan api yang sedang cenderung kecil agar mendhol masak dengan pelan-pelan dan tidak gosong di luarnya saja.

Setelah dimasukkan ke dalam minyak panas, tunggu hingga bagian bawah berwarna kuning kecoklatan lalu baru dibalik. Jangan dibolak-balik, cukup sekali saja. Hal ini dilakukan agar mendhol tidak hancur dan tidak terlalu banyak menyerap minyak.
Setelah matang, tiriskan dan siap dinikmati.

solusi tempe : Mendhol
mendhol siap dinikmati


Oh ya … kalau anda suka, bisa juga ditambahkan satu genggam daun kemangi yang sudah diiris tipis, lalu dicampurkan dengan adonan, baru dikepal-kepal.

Gampang bukan? Mulai sekarang tidak ada lagi ceritanya buang tempe karena sudah menginap.

Jangan lupa meninggalkan komentar dan add g+ saya ya…. Terimakasih.

You Might Also Like

0 komentar: