nasi goreng petai cabai hijau

17.12.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


resep nasi goreng petai cabai hijau
nasi goreng petai cabai hijau

Pernah apa tidak merasakan bosan pada ,masakan sendiri? saya pernah hehehe, sering malahan. Kadang kalau sedang bosan dengan masakan sendiri saya masak makanman yang lain untuk saya makan sendiri. Salah satu pelarian saya adalah nasi goreng. 

nasi goreng favorit saya adalah nasi goreng jawa, nasi goreng resep dari ibu saya. Bumbunya sederhana, yaitu bumbu yang ada di dapur-dapur ndeso pada zaman dahulu. Tanpa tambahan minyak wijen, atau berbagai macam saus yang sekarang mudah didapat. Nasi goreng petai cabai hijau adalah salah satu modifikasi saya.

Rasa cabai hijau yang khas berpadu dengan rasa petai yang setengah matang. Duhai nikmatnya. apalagi kalau rasanya pedas... bisa nambah-nambah saya hehehehe.

Jangan takut sama petai, karena dibalik baunya yang aduhai ternyata menyimpan segudang manfaat yang pernah saya tulis diSINI dan beberapa tips untuk menghilangkan bau petai dapat juga dibaca di SINI.

Baiklah langsung ke resep saja yaa...

Nasi goreng petai cabai hijau

Bahan :
1 piring nasi putih
2 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 gr terasi (1/2 bks sachetan kecil)
2 buah cabai hijau
cabai rawit sesuai selera
garam sesuai selera
minyak untuk menumis bumbu

cara membuat
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan terasi. Setelah halus masukkan potongan cabai hijau. Ulek lagi tapi jangan terlalu halus. Sementara itu potong petai menjadi dua bagian atau sesuai selera anda.



resep nasi goreng petai cabai hijau
Ngulek cabai hijaunya terlalu  hancur (ups)


resep nasi goreng petai cabai hijau
petainya dipotong jadi dua, biar pas satu gigitan


Panaskan wajan, beri sedikit minyak. Lalu tumis bumbu sampai berbau harum. Masukkan petai yang sudah dipotong-potong. Tumis sampai bumbu matang. Jangan terlalu lama agar petai tidak terlalu matang.

setelah bumbu matang masukkan nasi, aduk-aduk nasi sampai bumbu tercampur rata lalu tambahkan garam. koreksi rasanya lalu aduk lagi sebentar. Nasi goreng petai cabai hijau siap dihidangkan.


resep nasi goreng petai cabai hijau
porsi jaim (padahal di wajan masih banyak hihihi)


Petai yang sudah tua akan ada rasa manis-manisnya gitu (tsaah), tapi kalau masih muda akan terasa getir. Buat anda yang belum pernah mencoba petai, maka cobalah barang sedikit. Kalau masih belum tertarik juga, tengoklah sebentar manfaat makan petai yang pernah saya tulis di SINI. Siapa tahu anda berubah pikiran.

Selamat mencoba, jangan lupa tinggalkan komen dan add g+ saya. Terimakasih :)

You Might Also Like

0 komentar: