Keripik dan mie kremes rasa jagung pedas

16.34.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

Keripik dan mie kremes rasa jagung pedas
keripik jagung pedas

Keripik dan mie kremes rasa jagung pedas
mie kremes jagung pedas



Kalau lagi nganggur di rumah atau sore-sore sambil nonton Tv, pasti bawaannya pingin ngemil aja. Nggak cuma saya, anak-anak pun doyan ngemil. Makanya kadang-kadang mereka suka jajan. Boleh sih asal ga kebanyakan. Karena makanan yang dijual di luaran kan banyak pengawetnya, selain itu juga pewarnanya dikhawatirkan bukan pewarna makanan. Belum lagi penyedap rasanya... Duuh miris ya.. Untunglah anak-anak tetap suka kalau emaknya yang buat makanan. Meskipun tanpa pengawet (ya of course lah...), dan tanpa penyedap rasa.

Salah satu cemilan yang lagi ngehits di rumah adalah mie kremes. Tahulah kalau beli mie kremes di luaran, rasanya gurih sekali karena saking banyaknya penyedap rasa. Sampai-sampai kalau saya ikutan beli,harus minum air putih banyak-banyak setelah makan makanan tersebut. Jika tidak digelontor air putih bisa pusing pala aye...

Ternyata bikin mie kremes itu gampang bingit, bahannya murmer dan dapat dijumpai di warung-warung terdekat di kampung anda. Heheheh ....

Kali ini saya akan share resep kripik dan mie kremes rasa jagung pedas. Pernah sih bikin yang versi original tapi fotonya ketlisut nggak tahu nyelempit dimana. Mau bikin lagi masih males.

Langsung aja ya...

Kripik dan mie kremes rasa jagung pedas

Bahan :

500 gr Tepung terigu
1 Butir telur
2 buah jagung manis
5 butir bawang putih
4 buah cabai rawit/ sesuai selera.
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking powder
3 sendok makan minyak goreng
1 genggam seledri (saya kemarin nggak pakai karena kehabisan)

Cara membuat :


Haluskan jagung manis bersama garam dan bawang putih. Kocok lepas telur lalu masukkan jagung manis. Kocok lagi hingga tercampur rata.
Di wadah lain, campurkan tepung dengan baking powder sampai merata. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur dan jagung sedikit demi sedikit. Lalu masukkan minyak goreng dan seledri yang diiris halus. Uleni hingga semua tercampur rata. Diamkan kurang lebih 10 menit agar adonan menyatu.

Ambil sedikit adonan, pipihkan, lalu ,gilas di pasta maker mulai dari yang tebal, ulangi jika permukaan adonan belum halus. Lalu gilas lagi di gilingan yang lebih tipis. Lakukan sampai ketebalan yang diinginkan. Potong potong sesuai selera.
Untuk membuat mie kremes, setelah mendapatkan ketebalan yang diinginkan lalu masukkan ke dalam gilingan mie. Potong sesuai selera. Siap digoreng.


Bisa juga dengan cara blender jagung manis yang telah disisir, bersama telur, minyak  dan bawang. Di wadah lain, campurkan tepung, garam dan baking powder.
Lalu campurkan kedua campuran bahan di atas dan uleni sampai menyatu. Lalu lakukan seperti langkah-langkah diatas



Kalau anda penggemar rasa pedas, lebih baik takaran cabainya ditambahi. Saya hanya menambahkan 4 butir cabai pada resep ini karena yang makan adalah krucil-krucil saya. Untuk mie kremes rasa jagung dan pedasnya tidak terlalu kentara. Sedangkan pada keripik, rasa jagung dan pedasnya lebih terasa. Lumayanlah buat cemilan anak-anak. Daripada beli di luaran yang tidak jelas bahan-bahannya.

You Might Also Like

0 komentar: