(resep) urap-urap dan trancam

16.28.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Urap-urap

Urap-urap dan trancam adalah contoh makanan tradisional Indonesia yang termasuk makanan sehat. Keduanya terbuat dari sayur-sayuran yang diberi dressing parutan kelapa muda berbumbu. Bedanya kalau urap sayurnya direbus terlebih dahulu, sedangkan trancam menggunakan sayuran yang masih mentah.

Trancam


Dua-duanya merupakan makanan yang biasa dijadikan makanan sehari-hari. Namun juga merupakan menu dalam beberapa tradisi selamatan masyarakat Jawa. Diantaranya adalah selamatan brokohan atau syukuran pada saat menyambut kelahiran bayi, sepasaran bayi atau syukuran saat bayi berumur lima hari, selapanan bayi yaitu syukuran pada saat bayi berumur 35 hari. Serta acara syukuran lainnya.
Segala macam sayuran bisa dijadikan urap-urap ini, tergantung selera kita. Meskipun terihat sepele, jangan lupa untuk menyeimbangkan kadar gizi yang terkandung di dalam sayuran. Pernah suatu hari, saya mendapat hantaran saudara yang barusaja menikah. Sayur urap-urap dan trancam yang ukurannya lumayan banyak jika dihabiskan sendirian. Karena ga ada orang lain di rumah, akhirnya saya sendiri yang menghabiskan urap dan trancam itu. Urapnya terdiri atas sayur selada air kacang panjang. Tapi jauh lebih banyak selada air daripada kacang panjangnya. Sedangkan trancamnya terdiri atas mentimun, sedikit kecambah dan sedikit daun kemangi.

Esok paginya ketika bangun tidur, tiba-tiba saya limbung dan hampir terjatuh. Rupanya tekanan darah saya turun karena kebanyakan sayur selada air dan mentimun yang konon katanya kedua sayuran tersebut bermanfaat untuk menurukan tekanan darah. Nah…. Terpaksa deh saya minum suplemen, untunglah hal itu tidak berlangsung lama.

 Ternyata, pengetahuan bahwa sayur itu adalah makanan sehat itu penting, tapi pengetahuan tentang kandungan gizi yang ada dalam sayuran juga tidak kalah penting. Yuk mare…kita belajar sedikit demi sedikit kan lama-lama jadi bukit hehehe…

Baiklah, berikut ini adalah resep bumbu parutan kelapa yang dijadikan dressing urap-urap dan trancam.
¼ butir kelapa muda , parut
3 siung bawang putih
1 cm kencur
1 lembar daun jeruk, bung tulang daunnya
1 buah cabai besar/ merah hilangkan bijinya
Cabai rawit sesuai selera
Garam sesuai selera
Gula sesuai selera

Haluskan semua bumbu, lalu campur dengan kelapa yang sudah diparut. Apabila sayur urap-urap segera dimakan, kelapa parut berbumbu ini sudah bisa langsung dicampur dengan sayuran. Apabila ingin lebih awet bisa dikukus sebentar, sampai kelapa berbumbu ini masak. Bisa juga dengan disangrai diatas wajan sampai matang. Dengan cara disangrai, kelapa berbumbu lebih awet dibandingkan dengan cara dikukus.

Untuk trancam, sayuran yang lazim digunakan adalah mentimun yang dipotong dadu, kacang panjang muda yang dipotong pendek-pendek, kecambah kacang hijau yang ekornya pendek, daun kemangi, daun kenikir dan beluntas yang dipotong-potong. Namun apabila anda suka bisa menambahkan jenis sayuran lain sesuai selera anda.




You Might Also Like

0 komentar: