(resep) Blonceng kuah kuning

17.50.00 Retno Kusumawardani 0 Comments



Kuah kuning adalah sebutan anak kedua saya untuk sayur sejenis lodeh yang kuahnya berwarna kuning karena bumbunya mengandung kunyit. Masakan ini adalah favoritnya dia. Biasanya kuah kuning berisi tahu, telur puyuh, kentang, wortel dan kacang merah. Tapi kali ini saya akan mencoba sesuatu yang berbeda.

Alhamdulillah, kemarin dapat rejeki. Ada yang memberi satu buah blonceng. Memang cuma satu, tapi panjangnya hampir satu meter. Saya coba mengenalkan blonceng pada anak-anak  melalui masakan favorit mereka.


Blonceng yang dalam bahasa Inggris disebut White Gourd ini adalah salah satu jenis tanaman sayur yang tumbuh merambat. Selain dapat dimasak, blonceng ini juga mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat serat vitamin (B1,B2 danC), asam nikotinat, alkalin, cucurbitin dan asam resin.

Dalam bidang kesehatan, blonceng berkhasiat untuk menguatkan ginjal, liver dan sebagai peluruh dahak, penurun demam, wasir, dan lebam atau bengkak.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata blonceng ini juga dimanfaatkan juga di berbagai negara lain. Seperti di China, Taiwan, India Utara, Pakistan, Filipina dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, terutama di daerah saya, blonceng sering dimasak menjadi rawon yang dikombinasikan dengan daging sapi.
Lanjut pada resep ya…

Blonceng kuah kuning
By : Retno Kusumawardani

Bahan :
200 gr blonceng,
200 gr tahu putih
200 gr wortel
1/3  butir kelapa untuk dijadikan santan
3 gelas air
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat :
Kupas blonceng, buang sisi bagian dalam yang seperti gabus dan mengandung biji lalu potong dadu. Tahu, dipotong dadu. Wortel dikupas lalu dipotong tipis-tipis.


Parutlah kelapa, lalu ambil santannya dengan menambahkan satu gelas air lalu diuleni dan diperas. Sisihkan santan kental ini. Lalu tambahkan lagi sisa air ke kelapa parut untuk diambil santannya lagi.
Rebus santan perasan yang kedua sampai mendidih, lalu masukkan blonceng yang sudah dipotong dadu. Rebus sampai setengah matang, yaitu ketika blonceng berubah warna sebagian menjadi agak bening.

Sementara itu, haluskan semua bumbu. Lalu tumis menggunakan minyak di atas wajan yang telah panas. Tumis bumbu sampai harum lalu masukkan tahu dalam tumisan bumbu, goreng sampai tahu setengah matang. Kemudian masukkan wortel dan tumis sampai layu.
Masukkan tumisan wortel dan tahu tadi kedalam rebusan blonceng, tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan satu gelas santan kental. Tambahkan gula dan garam, koreksi rasanya. Sayur blonceng kuah kuning siap dihidangkan.

Alhamdulillah, anak keduaku suka. Akhirnya dapat satu tips lagi nih…kenalkan jenis bahan makanan baru kepada anak dengan cara dimasukkan dalam menu favorit dia.



 

Gambar diatas adalah salah satu varian sayur kuah kuning yang berisi : wortel, kentang, tahu, telur puyuh dan ayam. Cara masaknya sama seperti mengolah sayur Blonceng kuah kuning. Hanya saja, kentang dipotong dadu lalu digoreng terlebih dahulu, sedangkan ayam direbus lebih dulu lalu dipotong dadu.

You Might Also Like

0 komentar: