Bihun goreng sederhana.

18.29.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Kenapa saya menyebut bihun goreng ini sebagai bihun goreng sederhana? Karena bumbu yang dipakai adalah bumbu dasar yang selalu ada di dapur. Tidak perlu penyedap rasa, atau kaldu bubuk buatan pabrik. Cukup ditambahi segenggam cinta, pasti masakan anda akan warbyasah …haishhh,,,,.
Sebelumnya saya jarang memasak makanan berbahan dasar bihun. Pada suatu hari pas pulang kerja, kangmas bojo pulang membawa bihun goreng. Tak dinyana tak diduga, ternyata anak-anak pada suka. Padahal ya begitulah kalau makanan beli, enaknya itu berasal dari penyedap rasa.
Dan pada suatu sore yang kepepet. Kepepet karena paginya ndak dirumah, nggak masak jadinya nggak punya lauk untuk makan sore hari.  Akhirnya saya meminta tolong anak saya untuk membeli bihun di warung. Untunglah di rumah masih ada beberapa sosis dan jamur kuping.
Dengan niat tulus dan penuh cinta akhirnya saya masak bihun itu. Dan resepnya adalah….
(daripada kelamaan dan kebanyakan lebay, langsung ke resep saja ya :D)

BIHUN GORENG SEDERHANA
By : Retno Kusumawardani

Bahan dan bumbu :
175 gr bihun ( satu bungkus kecil yang berisi dua keping)
1 genggam jamur kuping (cuci dan potong-potong sesuai selera)
3 buah sosis dipotong-potong sesuai selera
1 butir telur
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 buah tomat yang berukuran sedang
1/3 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Seledri atau daun bawang yang dipotong tipis-tipis

Cara membuat :
Didihkan air, setelah mendidih, masukkan dua sendok makan minyak goreng lalu aduk merata. Masukkan dua keeping bihun lalu rebus selama kurang lebih dua menit sambil sesekali diaduk.
Tiriskan bihun, tempatkan di sebuah wadah peniris yang cukup besar. Tuang satu sendok makan minyak goreng lalu aduk sampai merata. Kalau saya, bihun saya potong menggunakan gunting makanan agar nanti mudah pada saat mengambil maupun memakannya.

Bawang merah, bawang putih dan tomat dihaluskan, lalu ditumis sampai berbau harum. Masukkan jamur kuping dan sosis kedalam tumisan bumbu. Tumis sampai sosis berubah warna menjadi agak gelap.

Masukkan bihun yang sudah direbus. Agar tidak gosong, biasanya kompor saya matikan sebentar. Setelah bumbu tercampur rata dengan bihun baru saya nyalakan lagi.
Setelah kompor dinyalakan, sisihkan bihun goreng ke tepi wajan, buatlah telur orak-arik di sisi wajan yang kosong tersebut. Lalu langsung dicampur dengan bihun. Tambahkan merica bubuk, garam dan gula. Koreksi rasanya, bila sudah cukup, tambahkan seledri dan daun bawang, aduk rata lalu angkat. Bihun goreng sederhana siap dihidangkan.
 
Alhamdulillah, meskipun hanya memakai bumbu sederhana, anak-anak menyukainya. Tanpa penyedap rasa dan tanpa kaldu bubuk buatan pabrik. Kuncinya ada di garam dan gula, apabila komposisisnya pas pasti rasanya akan enak. Kenapa saya tidak memberi takaran pasti garam dan gulanya? Karena selera setiap orang itu berbeda-beda. Ada orang yang menyukai masakan yang cenderung asin, ada juga orang yang menyukai masakan yang cenderung manis. Nah, selamat mencoba, semoga keluarga anda menyukainya.


You Might Also Like

0 komentar: