SAYUR BOBOR

22.27.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

sayur bobor (lemaripojok.blogspot.co.id)


Mengenalkan jenis makanan baru ke balita itu memang gampang-gampang susah. Ada jenis anak yang sangat welcome kepada makanan baru, tapi ada juga yang sangat picky. Keduanya terjadi pada anak-anak saya. Memang dibutuhkan kesabaran, karena untuk balita minimal harus dikenalkan sepuluh kali baru kita bisa menyimpulkan apakah makanan tersebut disukai atau tidak.

Salah satu makanan yang sesuai untuk masa pengenalan makanan rumahan pada balita adalah sayur bobor (huruf “o “ dibaca seperti pada saat kita mengatakan “kosong”).
Sayur bobor adalah sayur berkuah santan yang “ringan” karena santan yang digunakan bukanlah santan kental. Bumbu yang digunakan pun sangat minimalis. Cara memasaknya pun terkesan cemplang-cemplung karena bumbu tidak perlu ditumis terlebih dahulu.
Berbagai macam sayuran dapat dijadikan sayur bobor. Diantaranya yaitu sayur bayam, gambas/oyong, labu siam, dan selada air.

Untuk balita lebih baik menggunakan sayur bayam dan labu siam. Karena teksturnya lebih empuk dibandingkan dengan selada air.
Kebetulan dalam resep kali ini saya menggunakan selada air dan labu siam. Dimana kedua macam sayur tersebut dimasak sebentar saja, sehingga ada sensasi crunchy ketika dimakan.

Sayur bobor sangat cocok bila dimakan bersama sambal tomat, pepes ikan, tempe goreng, maupun telor dadar. Beberapa orang memasak sayur ini dengan kuah yang sedikit. Tapi kalau penduduk di rumah saya lebih suka kuah yang berlimpah. Lebih segar katanya hihihi.

Baiklah, lanjut pada resep ya ...

Sayur Bobor

Bahan ;
2 mangkok sayur bayam/selada air yang sudah disiangi dan dicuci bersih
1 buah labu siam, cuci dan potong dadu
1 liter santan dari 1/3 buah kelapa (saya tidak suka santan kental dalam masakan ini :) )

Bumbu ;
4 butir bawang merah/ sesuai selera
4 butir bawang putih/sesuai selera
1 cm kencur
1 lembar daun jeruk purut
2 buah kemiri

Cara memasak ;
Ulek semua bumbu kecuali garam dan gula sampai halus. Sementara itu didihkan sedikit air untuk merebus labu siam. Setelah mendidih masukkan labu siam dan rebus hingga berubah warna (jangan terlalu lama). Kemudian masukkan santan dan bumbu yang dihaluskan. Tunggu sampaisantan mendidih tapi jangan sampai pecah. Setelah mendidih, masukkan sayur bayam/selada air. Tunggu sampai kuah mendidih lagi, lalu bubuhi garam dan gula sesuai selera. Angkat dan sayur bobor siap dihidangkan.
Yang perlu diingat adalah jangan terlalu lama memasak sayurnya, agar kandungan gizinya tidak hilang.

Nah bagaimana, mudah bukan? Syelamat makaaan...

You Might Also Like

0 komentar: