sambal tomat dan rahasia kecil yang terungkap

22.18.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

sambal tomat (lemaripojok.blogspot.co.id)

Wuihhh... Judulnya udah kaya judul FTV saja, bikin penasaran nggak? Asli lho...disini tidak ada tipu-tipu, apa sih rahasia kecil yang akan diungkap? Kalau penasaran monggo dilanjut bacanya :D :D

Yang namanya sambal itu jenisnya bermacam-macam. Tiap daerah di Indonesia pasti memiliki sambal khas dari daerah masing-masing. Jadi jangan heran kalau resep sambal yang ada di Indonesia dikumpulkan dalam satu buku, pasti bukunya akan tebal sekali. Bahkan yang namanya sambel tomat saja, setiap keluarga pasti memiliki resep andalan masing-masing. Kenapa begitu? Karena dalam membuat sambal, meskipun komposisi bahan sama tapi beda cara masaknya maka akan berbeda rasanya. Saya pun nggak mau kalah, saya juga punya resep sambel tomat andalan. Ini dia sambel tomat ala saya :

Bahan ;
3 butir bawang merah, potong jadi 2
3 butir bawang putih, potong jadi 2
3 gr terasi
7 buah cabai rawit/sesuai selera
1 buah tomat matang berukuran sedang.
1/3 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara memasak
Tumis bawang merah dan bawang putih bersama terasi dan cabai rawit. Oh ya jangan lupa untuk menyayat cabai rawit agar tidak meletus saat digoreng. 
Jadi teringat, pernah suatu saat saya sedang menggoreng cabai rawit. Dan saya lupa tidak menyayatnya terlebih dahulu. Alhasil cabainya jadi melembung dan kemudian meletus.
Kontan anak-anak yang sedang melihat mamanya memasak lari ketakutan. Lalu si mas bertanya, kenapa cabai kalau digoreng kok meletus. Haduh panik, akhirnya saya jawabnya begini “ karena dipanaskan, maka udara yang ada di dalam cabai jadi mengembang. Sedangkan kulit cabai tidak mampu menahannya... Meletus deh”. 
Sampai sekarang saya lupa belum mencari jawaban apa yang benar, tapi moga-moga aja jawaban saya sudah benar hehehehe.

Eitttsss kembali ke sambal ... 
Tumis duo bawang sampai harum ya, jangan sampai gosong. Karena terasi biasanya lebih dulu gosong, maka saya hanya menumisnya sebentar saja. Setelah duo bawang layu dan keluar aromanya. Angkat segera dari penggorengan. Terakhir goreng tomat yang sudah di belah dua. 
Ingat ! Tomatnya dibelah dua saja. Goreng sampai permukaan tomat yang terkena minyak terlihat layu. Di sinilah kuncinya, apabila tomat terlalu matang, maka citarasa segar dari sambal akan berkurang.

Ulek semua bahan sampai halus. Tambahkan 1/3 sdt garam dan 1/2 sdt gula pasir agar sambal terasa lebih sedap.

sambal tomat diatas cobek (lemaripojok.blogspot.co.id)

Ssst... Ini rahasia awet muda dari ibu saya. Sejak zaman baheula, ibu saya tidak pernah menggunakan bumbu penyedap/penguat rasa. Setiap kali memasak ibu hanya menggunakan bawang merah dan bawang putih yang sama banyaknya ditambah garam dan gula pasir. Jangan ragu-ragu dalam membuat bumbu, beri saja bawang merah dan bwang putih yang banyak. Selain enak tapi juga menyehatkan. Kenapaaa???
Karena ternyata duo bawang itu mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Kalau nggak percaya, googling aja sendiri hehehehe...
Nah demikian persembahan sambel tomat dari saya, semoga bermanfaat....

You Might Also Like

0 komentar: