roti jala manis

08.57.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

roti jala manis (lemaripojok.blogspot.co.id)

Roti jala sebenarnya adalah makanan yang berasal dari Timur Tengah, seperti halnya roti maryam  yang resepnya dapat dilihat di SINI. Roti ini biasa dimakan bersama dengan kari, baik itu kari ayam maupun kari kambing. 

Berhubung anak-anak tidak menyukai makanan yang berkuah santan yang kental, akhirnya otak atik sedikit jadilah roti jala manis ala saya. 
Kalau roti jala biasanya menggunakan santan, saya menggunakan susu kental manis. Soalnya dirumah lagi nggak ada santan hehehe. Dan akhirnya jadilah roti jala manis. Makanan murmer alias murah meriah yang gampang dibuat dan tentu saja disukai anak-anak. 

Roti Jala Manis ala Retno

Bahan ;

150 gr tepung terigu
1 butir telor
1 sachet susu kental manis putih
1 sdm gula
1/4 sdt garam
1 sdt margarin
1 sdm minyak goreng
1/4 sdt vanili bubuk
200 ml air

Cara Membuat ;

Campurkan garam, vanili bubuk dengan tepung terigu. Sementara itu di wadah lain masukkan telor, gula, susu kental manis, margarin, minyak goreng dan air. Kocok hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata. 

Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk perlahan searah jarum jam agar tepung tidak menggumpal. Aduk sampai benar-benar rata lalu masukkan ke dalam pipping bag atau plastik segitiga. Saya kemarin adanya plastik biasa ukuran setengah kiloan. 
Siapkan wajan tahan panas. Jerang hingga wajan panas, lalu kecilkan api. Potong salah satu ujung plastik segitiga yang berisi adonan. Jangan terlalu besar agar adonan yang dituang bagus bentuknya. Tuang secara perlahan diatas wajan. Bentuknya terserah asalkan masing  masing garis yang dibuat saling berkaitan. 
roti jala manis di atas wajan anti lengket (lemaripojok.blogspot.com)


Apabila permukaan roti jala tidak mengkilat berarti itu tandanya sudah matang. Setelah matang lipat roti jala sesuai selera. Bisa juga diberi isian, misalnya pisang yang dipanggang sebentar. Atau topping sesuai selera. Misalnya meises, pasta coklat atau susu kental manis. Bisa juga adonan roti jala tersebut diberi pewarna makanan sesuai selera agar terlihat lebih menarik. Wokkeyy... Selamat mencoba...



You Might Also Like

0 komentar: