mie cemil

16.47.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Mie cemil (lemaripojok.blogspot)


Ceritanya beberapa waktu lalu membuat tumpeng untuk acara halal bihalal kangmas bojo dengan komunitasnya. Karena yang belanja adalah si kangmas, jadinya nggak ukuran. Beli bahan-bahannya banyak banget, sampai sisanya numpuk di dapur. Salah satunya adalah mi telor. Bingung juga mau diapain ...akhirnya di suatu sore yang syahdu ... Halah... Di suatu sore yang malas (nah ini baru bener hihihi ) tiba-tiba anak-anak minta cemilan. Haduuuh mana malas keluar, males juga bikin makanan yang ribet, bosen juga sama makanan yang manis-manis. Akhirnya setelah merenung sejenak di dapur, tiba-tiba mataku tertumbuk pada setengah ball mie telor mentah. Akhirnya ku bulatkan tekad (apaan sih ini... :p )untuk membuat cemilan dari mie. Nah ini dia hasilnya ,





Bahannya aku sesuaikan dengan ada yang di rumah. Mau resepnya ?

Mie cemil

Bahan :
250 gr mie telor mentah
3 butir Telor
3 sdm Tepung bumbu instan
1 sdm tepung terigu
3 buah sosis
1/2 sdt garam
Sedikit merica bubuk.
50 ml air
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat:
Rebus mi telor sampai matang, potong kecil-kecil lalu sisihkan. Potong kecil-kecil sosis sesuai selera. Kocok lepas dua butir telur, masukkan tepung bumbu instan, tepung terigu, garam,air dan merica. Masukkan potongan sosis, kocok sampai tercampur rata. Lalu masukkan mie yang telah direbus sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
Sementara itu panaskan snack maker. Kebetulan saya punyanya yang 12 lubang. Kalau tidak ada cukup dipanggang di atas teflon sesendok demi sesendok. Panggang adonan sampai berwarna kecoklatan, lalu di balik. Tunggu sampai berwarna kecoklatan juga.
Siapkan wajan, tuang minyak goreng. Tunggu sampai minyak cukup panas. Kocok lepas satu butir telor, tambahkan sedikit garam. Masukkan adonan yang sudah di panggang tadi ke dalam kocokan telor, tiriskan. Lalu goreng sampai berwarna kecoklatan.
Mie cemil siap dihidangkan. Cocol ke dalam saus sambal atau saus tomat. Selamat mencoba...



You Might Also Like

0 komentar: