molen pisang

08.47.00 Retno Kusumawardani 0 Comments



Horeee...pisang lagi.... Dikolak sudah, dibuat cake sudah, roti pisang sudah apalagi dimakan begitu saja... Coba bikin molen ah... Biasanya anak-anak juga suka makan kalo pas lagi jajan. Molen ini termasuk makanan yamg bikinnya ribet tapi habisnya cepet hehehe....

Ngomongin soal molen, jadi inget masa kecil dulu. Makan molen itu kalau pas pergi ke kota Malang aja. Maklum rumahku kan Malang juga, tapi di kabupaten. Waktu itu yang jual molen masih jarang banget. Nah kalo pas main ke Uti baru bisa makan molen. Belinya di samping Mitra dua, kalau sekarang sudah ganti jadi Savanna Hotel. Kebetulan dulu Uti (nenek) kan tinggalnya di Jalan Kuantan yang dibelakang hotel Savanna itu, jadi tinggal nyebrang jalan sama rel kereta, beli deh. Pokoknya ke Malang kota belum lengkap kalau belum beli molen di situ hehehe. Eh sekarang masih ada nggak ya... Maklum sudah lama sekali ga pernah kesana.

Nah resep berikut ini rasanya mirip lah sama molen yang dijual di samping savanna hotel itu. Soalnya, sekarang ini banyak penjual molen tapi beda-beda rasanya. Ada yang kulitnya mengembang hampir seperti roti, ada yang kulitnya bergelembung. Pokoknya yang ini cucoklah sama selera saya.

Molen pisang
By : fah umi yasmin
Bahan:

Pisang candi atau pisang kepok juga bisa secukupnya. Belah jadi empat lalu potong masing-masing 5 cm.

Bahan kulit:

250 gr tepung terigu
65 gr gula tepung atau 2,5 sdm munjung gula pasir
60 gr margarin
1 butir telur kocok lepas
50-55 ml air es
1/4 sdt garam

Cara membuat:

Ayak tepung terigu
Masukkan gula, margarin, teluraduk sampai bergumpal lalu masukkan air es. Uleni himgga kalis. Diamkan 15 menit
Ambil sepotong adonan. Giling di gilingan mi atau pakai botol juga bisa. Giling 3-4 kali. Terakhir giling dengan lebar 3-4 cm dengan panjang secukupnya.
Lalu lilitkan pada pisang sampai pisang tertutup semua.
Goreng dengan minyak yang dipanaskan dengan api kecil sampai pisang molen terapung dan berwarna kecoklatan.
Pisang molen bisa dikmati. Bisa juga diberi isian lain seperti keju, kacang hijau, coklat dan lain-lain sesuai selera anda.



You Might Also Like

0 komentar: