ROTI MARYAM

20.00.00 Retno Kusumawardani 2 Comments


Ini nih...roti yang pengen bikin dari dulu. Tapi begitu liat resepnya langsung mengkeret..ogah ribet ceritanya. Tapi karena penasaran  akhirnya nekat bikin meskipun cuma sedikit. Dan hasilnyaa...anak-anak suka dan penasaran pingin bikin lagi yang banyak, biar bisa buat isian frezeer hihihi.

Resep roti maryam paling enak



Gambarnya minimalis banget...soalnya ngambilnya pas malem. Gapapa ya..emang hapenya suka gitu sih...ga mau dipake buat poto malem-malem. Tapi yang penting kan rasanya tullll nggak...

Roti maryam
(By : mba nophi)

Bahan :
Tepung terigu 250 gr
Margarin cair 50 ml
Minyak goreng 1 Sdm
90 ml air hangat
Telur 1 butir
Garam 1/2 sdt
Susu bubuk 2 sdm
Keju 50 gr (Diparut)
Margarin cair (untuk olesan)

Cara membuat :

1.Siapkan wadah, masukkan air hangat dan minyak lalu aduk rata dengan garpu. Kemudian masukkan telur, aduk rata.

2.Masukkan tepung terigu, keju, garam dan susu bubuk. Aduk rata lalu uleni adonan hingga kalis/ bisa dibentuk. Kalau tidak suka keju, bisa di skip tapi jangan lupa tambahkan lagi setengah sendok teh garam, biar sedap.

3. Bagi adonan sesuai selera. Kalau saya menjadi sepuluh karena sesuai dengan porsi the krucils. Bentuk bulat seperti gambar dibawah.

Resep roti maryam paling enak



4. Setelah dibentuk bulat, olesi adonan dengan minyak goreng dan letakkan di wadah yang sudah dilapisi minyak. Kemudian tutup dengan plastik dan serbet basah. Diamkan minimal 1 jam.

5. Setelah 1 jam, ambil salah satu adonan. Pipihkan dengan tangan sampai tipis dan lebar( kalau saya menggunakan punggung sendok kecil). Lalu olesi permukaan adonan dengan margarin cair. Gulung memanjang sehingga adonan berbentuk seperti tali.

Resep roti maryam paling enak

Resep roti maryam paling enak





6. Setelah berbentuk tali, tarik adonan agar menjadi lebih panjang. Lalu gulung dengan arah berlawanan. Lalu tumpuk kedua gulungan.


Resep roti maryam paling enak



6. Setelah itu pipihkan tumpukan tersebut menggunakan rolling pin sehingga berbentuk lingkaran.

7. Panggang di atas teflon/wajan datar. Jika ingin disimpan dalam freezer, panggang tanpa margarin sampai setengah matang. Bila ingin menyantapnya, goreng kembali dengan sedikit margarin. Roti maryam siap dinikmati dengan topping sesuai selera anda.


Resep roti maryam paling enak


Gimana, gampang kaan...cuma ya itu ribetnya yang ga nahan. Mesti nyediain waktu khusus kalo ingin buat dalam jumlah yang banyak. Dan yang pasti nungguin krucils pada tidur, kalau nggak gitu.....adonanya bisa jadi bentuk mobil, kupu-kupu..kayak kemaren hihihi.
Syelamat mencoba semoga berhasil :*

You Might Also Like

2 komentar:

  1. Wah kelihatannya enak mba, kadang - kadang pengen juga bikin - bikin kue seperti ini di rumah, tapi apa daya malas selalu tiba - tiba datang hehe

    BalasHapus
  2. Kupikir bikin iji susah, ternyata sepertinya simple, #langsung bongkar isi dapur
    Aku sukanya klo dipanasin dulu sebelum dimam , ntabb

    BalasHapus