terang bulan / martabak manis (mini)

00.12.00 Retno Kusumawardani 0 Comments




Asliiii...ini enak banget dah. Udah lama kepingin bikin. Cari-cari resep belum ada yang pas. Sekali bikin pake resep yang lain tapi gagal, hasilnya bantat ..hiks. Akhirnya mood ilang, udah... Ga nyobain lagi deh. 
Dan yang namanya keinginan itu emang kaya doa... Tiba-tiba pas pulang ke rumah ibuk, dibikinin terang bulan, udah bikinnya gampang, enak lagi... 
Pucuk dicinta ulam pun tiba .... Rejekinya anak-anak nih ... Dapet resep kue kesenengan mereka (sebenarnya sih mereka kue apa aja mau hihihi...).
Selain dicetak di cetakan mini, resep ini juga bisa dicetak di cetakan terang bulan yang biasa (gede). Mau tau? Gampang kok...bahannya juga simpel 

Terang bulan/ Martabak manis

Bahan:
Tepung terigu 250 gr
1 sdm susu bubuk
1 butir telur
2 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan
400 ml air /susu cair
2 sdm margarin dicairkan
Sedikit garam
1/3 sdt soda kue

Topping
2 sdm gula pasir untuk taburan.
Margarin untuk olesan
Sus kental manis secukupnya
Kacang sangrai/meises/selai/coklat/keju untuk taburan


Cara membuat :
Masukkan telur, gula dan ragi kocok menggunakan whisk atau mikser sampai larut. Tambahkan tepung terigu, susu dan air/susu cair. Kocok sampai rata dan keluar buih/gelembung. Masukkan margarin cair dan garam, aduk kembali sampai rata. Tunggu minimal 15 menit.
Sementara itu panaskan cetakan. Setelah cetakan panas. Masukkan soda kue kedalam adonan, aduk sampai rata. Lalu tuang adonan ke dalam cetakan.
Tunggu sampai permukaan kue berlubang-lubang. Setelah kue berlubang-lubang, taburkan gula pasir di permukaan kue. Kemudian tutup cetakan, tunggu sampai berwarna kecoklatan/matang. Lalu angkat.
Setelah agak dingin, olesi permukaan kue dengan margarin lalu beri toping sesuai selera.







Karena yang ada dirumah cuma snackmaker ya udah, aku cetak pakai snackmaker aja. Untuk snackmaker ukuran 12 lubang, satu resep ini mendapatkan +/- 24 kue. Asli empuk menul-menul, sampai kuenya dingin pun masih empuk.  Untuk sampeyan-sampeyan yang belum punya cetakan terang bulan, bisa kok dimasak menggunakan cetakan kue lumpur. Coba deh...pasti suka....

You Might Also Like

0 komentar: