donat

20.23.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

Anak- anak rupanya mulai bosen dengan bolkus gulmer, awalnya minta dibuatkan, tapi pas giliran makan ngga selahap sebelumnya. Alhasil, maknya yang ngabisin wkwkwwk.
Aku pun putar otak, bikin makanan apalagi ya...yang murah meriah...dan pilihan pun jatuh pada donat. Makanan yang pasti disukai sama anak-anak. Dan buatnya pun cari resep yang paling simpel.

Donat

Bahan :
1. 250 gr tepung terigu
2. 1/4 bungkus saf instan (fernipan)
3. 1/4 sdt garam
4.2 sdm margarin
5.3 sdm gula pasir
6. 2sdm susu bubuk ( optional)
7. 1 butir telur (optional)
8. 125 ml air hangat

Cara masak :
Ambil 50 ml air hangat, masukkan susu bubuk, sedikit gula dan ragi/ fernipan. Tunggu hingga 10 menit hingga berbuih. Apabila tidak berbuih, maka ragi sudah mati dan tidak bisa digunakan lagi. Sementara itu ayak tepung terigu, tambahkan sisa gula lalu campur. Masukkan telur. Setelah itu masukkan larutan ragi, uleni sampai tercampur rata, lalu tambahkan garam dan margarin. Uleni sampai kalis. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan teknik cucian. Uleni seperti saat kita ngucek baju. Tarik lalu dorong kedepan. Tambahkan air hangat secukupnya. Jika terlalu lengket, tambahkan tepung terigu. Adonan diulen sampai kalis, yaitu tidak lengket lagi ditangan dan apabila dilebarkan akan tipis seperti pita. Setelah kalis, lumuri permukaannya dengan minyak goreng, lalu tutup dengan plastik. Biarkan mengembang 2 kali lipat. Biasanya satu jam.
Agar cepat mengembang, biasanya aku jemur, kalau pas ngga ada matahari, aku tumpangkan panci adonan diatas magic jar.
Setelah mengembang dua kali lipat, kempiskan adonan. Lalu cetak sesuai berat yang diinginkan.
Ketika dicetak, permukaan donat akan halus jika nguleninya benar-benar kalis.
Setelah di cetak, biarkan donat, tunggu kurang lebih 30 menit agar mengembang lagi. Lalu siap di goreng.

Cara menggoreng agar terbentuk lingkaran yang bagus, adalah dengan menggunakan sumpit. Caranya donat dimasukkan ke dalam minyak panas, lalu masukkan sumpit ke dalam lubang donat sambil diputar searah jarum jam. Balik donat hanya satu kali saja. Jadi, tunggu sampai permukaan donat yang tercelup minyak berwarna kecoklatan, baru
dibalik. Apabila terlalu sering dibolak-balik, donat akan menyerap minyak.
Donat yang bagus adalah yang memiliki cincin di pinggangnya.
Setelah dingin, donat siap untuk diberi topping.
Adonan ini bisa, dijadikan donat yang digoreng, apabila gula ditambahi/sesuai selera bisa dioven jadi roti manis atau di kukus seperti bakpao.
Happy nguleni temans ( buat yang pake LG alias lengen gedhi) hihihi.

You Might Also Like

0 komentar: